Jumat, 08 Februari 2013

'Jagung Titi' dan Adonara




 'Jagung titi' atau istilah bahasa indonesianya 'emping jagung' merupakan makanan khas dari pulau Adonara...
Jagung titi merupakan makanan pokok disamping makan nasi...
walaupun rasanya tawar tapi jagung titi sangat digemari oleh masyarakat adonara... mungkin jagung titi melambangkan filosofi tentang kesederhanaan hidup...
jagung titi sendiri sudah ada sejak jaman nenek moyang kami di Adonara
jagung titi biasanya dimakan pada saat pesta adat, pesta nikah maupun untuk makanan keseharian...
cara pembuatannya pun sangat sederhana...
pertama-tama... Jagung di lepas ato di preteli dari batangnya kemudian di madi goreng tanpa minyak diatas tungku yang terbuat dari tanah liat...
setelah di biarkan 5-10 menit jagung diambil kemudian di titih ato dipukul diatas batu dengan menggunakan batu yang halus...   jagung yang diambil dari tungku pun biasanya satu persatu... 'yang paling asyiknya nih'.. klo mendengar bunyian pukulan batu waktu mama mereka  titih jagung... kayak org mau tawuran...

jagung titi paling enak dimakan waktu sore hari dalam keadaan masih panas dengan di temani kopi khas Adonara yang di tumbuk sendiri oleh masyarakat Adonara... tradisional banget...
bagi para petualang... kalo udah nyampe pulau Adonara... wajib banget makan jagun titi!!!  walaupun tawar tapi bisa menguatkan gigi..hehe    
sebagaian besar masyarakat yang ada di perantauan pun..  kangen banget sama yang namanya jagung titi.. sampe2x klo ada yg mau ke perantauan.. di suru bawain jagung titi sebanyak mungkin... 
semkain berkembangnya jaman... jagung titi sudah dikolaborasi dengan kacang tanah dengan di goreng lagi pake mentega... di jamin mantaplah...

pemasaran jagung titi belum tersohor akan tetapi para petualang bisa mendapatkannya di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT.   kalo dari jawa bisa lewat udara, lewat laut maupun darat... tapi lebih asyiknya lewat laut.. sekalian melihat pemandangan laut indonesia umumnya dan laut flores khususnya...  biasanya ada kapal feri cepat dari surabaya menuju maumere tarifnya sekitar Rp 300 ribu-500ribu... kalo udah nyampe maumere kemudian naik bus tujuan Larantuka dengan tarif Rp 50.000... yah paling sekitar 4 jam an...  Larantuka, merupakan ibu kota kabupaten Flores Timur... dari Larantuka naik kapal lagi tujuan ke Pulau Adonara, tarifnya Rp 25.000... di Pulau Adonara... akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, menikmati jagung titi dan melihat kehidupan masyarakat di Pulau Adonara yang tradisional serta mengenal adat istiadat orang Adonara...
 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar